Quote? Not Quote?

"It's love. Yes all we're looking for is love from someone else."
-Emma Stone, La La Land

Today in History

Selamat Pagi, Siang, Petang, Malam!

Saya namanya Ramadhan Putera Djaffri. Sekarang bekerja di Samuel Aset Manajemen. Sebelumnya berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, menempuh pendidikan IPS di SMA Labschool Kebayoran, pulang-pergi naik sepeda saat bersekolah di SMP Al-Azhar 8 Kemang Pratama, seorang anak jemputan saat belajar di SD Bani Saleh 1, dan pernah dihajar rantai sepeda motor saat menghabiskan masa balita di TK Mini Pak Kasur.

Segala tulisan di Volgorian Cabalsette ini seharusnya sih hasil kreasi saya, kecuali yang saya sebutkan sumber lainnya. Karena itu saya harap Anda juga bisa menghormati dan selalu meminta izin atau setidaknya memberi saya kredit tiap kali mengutip. Ayo hindari plagiarisme sejak mula!

Soal sejarahnya sendiri, yang bisa saya ingat ada tiga semboyan Volgorian Cabalsette hingga kini. Pertama adalah "The Safest Place On Earth" yang sekarang jadi milik Volgorian Nopales. Kedua adalah "Berpikir Subjektif Tidak Membantu", yang kemudian berevolusi menjadi "Pemikiran, Ucapan, Tindakan" karena menurut saya tanpa aksi tidak ada realisasi.

Pun setelah sekian lama menggunakan semboyan ketiga, nampaknya saya harus kembali kepada semboyan kedua, karena lebih orisinil dan lebih saya. Terlebih lagi setelah semboyan itu sempat disebut-sebut kembali oleh rekan seperti Mirza dan Aditya.

Lainnya, saya akan sangat bahagia jika Anda memberi donasi uang kepada saya. Tidak bersedia? Kalau sekadar kesan, pesan, komentar, keluhan, cacian, dan makian mau kan? Tidak perlu banyak, saya hanya ingin tahu apakah memang ada yang membaca.

Terima kasih telah berkunjung. Nikmati dunia saya!

Tuesday, December 29, 2009

Curtain Call

Istilah di atas artinya sebagai berikut: an appearance by actors or performers at the end of the concert or play in order to acknowledge the applause of the audience. (The Free Dictionary)

Pertanyaannya mudah saja, tidak jauh dari apa yang ditanyakan Morgan Freeman kepada Jack Nicholson pada Jack Nicholson dalam film 'The Bucket List' - atau tepatnya apa yang dikatakan penjaga surga menurut kepercayaan Mesir kuno. Bagi yang belum menontonnya, lekaslah. Bagi yang sudah, mari kita ulang bersama:

1. Have you found joy in your life? (Apakah Anda telah menemukan kebahagiaan?)
2. Has your life brought joy to others? (Apakah Anda telah memberikan kebahagiaan kepada orang lain?)

Bisakah Anda menjawab kedua pertanyaan tersebut dengan dada dibusungkan? Tiada usah berpikir jauh hingga tujuh belas tahun lamanya ke belakang sana, pikirkan saja tahun ini. Selama satu tahun ke belakang, selama tahun 2009. Bagaimanakah?

Pertanyaan pertama rasanya adalah sebuah perkara mudah. "Saya menonton konser band favorit saya", "Saya dibelikan mobil baru", "Diet saya berhasil", "Tinggi saya bertambah 5 cm", "Saya dapat pacar", "Saya mendapat penghargaan", dan berbagai macam hal lain yang bisa membuat Anda lemessssh (mengutip ungkapan populer di lingkungan sekitar saya).

Namun demikian memang juga tidak bisa diremehkan. Pertanyaan ini sesungguhnya bertujuan agar Anda melupakan (saya lebih suka menyebutnya simpan-dan-pelajari) hal-hal buruk yang telah terjadi. "Pacar saya selingkuh dengan kasir toko swalayan dekat rumah", "Anjing saya ditabrak delman", "Timbangan saya rusak", "Bumi ini semakin luluh karena ulah manusia", "Saya kehilangan keperawanan", dan seterusnya hingga kalau diratapi bisa sampai 2011 sudah di depan mata.

Sekarang ayo bangkit, cari kesenangan yang telah terjadi, dan jadikan motivasi untuk menjadi lebih baik. Jika sudah, mari menuju pertanyaan kedua.

Pertanyaan kedua sedikit lebih menjebak. Ada sebagian Anda yang terlalu takut menjawab ya, sedangkan sebagian lain terlalu percaya diri menjawab ya. Mereka yang takut sungguh kasihan, kepercayaan dirinya bisa makin menguap. Mengakui saja tidak bisa, tapi kemudian juga tidak ada yang memberitahu bagaimana dia begitu berharga. Makanya, sekarang yang Anda harus lakukan ada dua: 1. Ingat-ingat senyuman yang terlontar kepada Anda dan yakinkan bahwa Anda telah membawa kebahagiaan kepada dunia, dan 2. Beritahukan kepada mereka yang telah memberikan Anda kebahagiaan bahwa mereka adalah orang yang menakjubkan.

Namun jika memang Anda harus menjawab tidak, jangan. Tahun 2009 masih bersisa dua hari lagi. Pergi ke luar sana, sebarkan senyuman, dan jika perlu sekuntum bunga!


Happy New Year!




Cheers, mate.

No comments:

 
Creative Commons License
Volgorian Cabalsette by Ramadhan Putera Djaffri is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.